Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Abstrak sikripsi sistem informasi geografis (SIG) penentuan jumlah kebutuhan jumlah poskesehatan Desa (POSKESDES) studi kasus Kecamatan Waru




ABSTRAK
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
 PENENTUAN JUMLAH KEBUTUHAN POS KESEHATAN DESA (POSKESDES) 
DIKECAMATAN WARU  

Oleh : ANWARI
        NPM : 2008.0.02.01.0007

Pembimbing I  : Muhsi.ST,MT                       
Suatu sistem yang berfungsi untuk membantu proses informasi jumlah kebutuhan POSKESDES dikecamatan Waru, serta informasi mengenal POSKESDES secara keseluruhan. Dengan adanya sistem komputerisasi sekarang ini penulis ingin memudahkan sistem kerja, dalam mengolah datanya dengan menggunakan sistem komputerisasi seperti data jumlah desa, jumlah penduduk.
Dengan menggunakan SIG maka diharapkan akan lebih mudah untuk mengetahui jumlah kebutuhan pos kesehatan desa di desa-desa yang ada dikecamatan waru. Karena dengan adanya SIG maka akan digambarkan juga di bagian desa mana yang membutuhkan POSKESDES baru  pada kondisi sesungguhnya dalam hal ini adalah peta kecamatan waru.
Pada penelitian ini dibuat suatu Sistem Informasi Geografis berbasis web tentang informasi jumlah kebutuhan POSKESDES  yang ada dikecamatan waru. Dengan SIG ini didapatkan  visualisasi dalam bentuk web yang dapat digunakan sebagai referensi untuk para pengambil keputusan terutama dalam pencarian jumlah kebutuhan POSKESDES baru dikecamatan waru.

Kata Kunci : GIS , POSKESDES , WARU

.










BAB I
PENDAHULUAN
1.1                Latar Belakang
Poskesdes adalah tempat berobat yang sering di kunjungi masyarakat. Poskesdes merupakan tempat yang sering di kunjungi warga untuk pemeriksaan dan pelayanan kesehatan mereka, karena biaya yang di keluarkan untuk melakukan pemeriksaan dan pelayanan kesehatan jauh lebih murah sehingga lebih terjangkau dan memudahkan pelayanan kesehatan tersebut bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah, akan tetapi Poskesdes memiliki permasalahan dalam penyediaannya karena sering terjadi ketidak sesuaian antara sediaan yang di lakukan oleh Pemerintah dengan permintaannya dari masyarakat. Ketidak sesuaian ini dapat berupa jumlah penduduk terhadap jumlah kebutuhan Poskesdes dimasyarakat.
Selama ini Poskesdes yang tersedia di setiap desa sangat kurang, karena setiap tahun terjadi peningkatan jumlah penduduk. Sehingga dibutuhkan pos kesehatan masyarakat (POSKESDES) baru untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan dimasyarakat, seiring dengan kemajuan teknologi terutama pada dunia informatika dan semakin banyaknya bermunculan perangkat-perangkat lunak di ciptakan guna mengatasi permasalahan informasi. Dalam kehidupan berusaha, informasi memegang peranan penting sehingga informasi yang di butuhkan hendaklah di dapat dengan cepat, akurat dan mudah.
Belum tersedianya aplikasi atau metode yang mampu menyelesaikan permasalahan penentuan jumlah kebutuhan pusat kesehatan masyarakat (POSKESDES) di kacamatan waru dengan sistem informasi geografis. Maka penulis berkeinginan untuk mengkomputerisasi sistem yang berjalan agar dapat lebih cepat di gunakan oleh pihak mayarakat dengan sistem baru yang di rancang dengan menggunakan sistem informasi geografis.
Aplikasi ini dibuat dengan berbasiskan web untuk system informasi geografis yang biasa digunakan sebagai salah satu dasar acuan untuk rencana pembangunan Poskesdes dikecamatan waru demi mewujudkan visi departemen kesehatan dikacamatan waru yaitu ”terwujudnya desa sehat 2011 melalui pelayanan kesehatan yang profesional, bermutu, merata, dan terjangkau”.
Aplikasi  webGIS penempatan jumlah kebutuhan selain diperuntukkan bagi depertemen kesehatan kecamatan waru dalam rencana pembangunan POSKESDES baru juga bisa dilihat oleh masyarakat umum sehingga masyarakat umum bisa melihat rencana pembangunan POSKESDES baru dan juga bisa memberikan masukan ke pihak depertemen kesehatan tentang rencana pembangunan POSKESDES baru tersebut. 
Suatu sistem yang berfungsi untuk membantu proses informasi jumlah kebutuhan Poskesdes dikecamatan waru, serta informasi mengenal POSKESDES secara keseluruhan.Dengan adanya sistem komputerisasi sekarang ini penulis ingin memudahkan sistem kerja, dalam mengolah datanya dengan menggunakan sistem komputerisasi seperti data jumlah Dusun, jumlah penduduk.
Dengan latar belakang tersebut penulis berkeinginan untuk membahas dan merancang suatu sistem dengan bahasa pemograman khusus dengan judul “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Geografis Penentuan Jumlah Kebutuhan Pos Kesehatan Masyarakat (POSKESDES) Dikecamatan Waru”.
1.2    Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang tersebut, didapat rumusan masalah sebagai berikut : bagaimana menentukan jumlah kebutuhan Pos Kesehatan Masyarakat (POSKESDES) disetiap desa dikecamatan waru dengan  menggunakan metode forward chainning berbasis webGIS?.
1.3    Tujuan
Tujuan penelitian ini adalah merancang aplikasi untuk menentukan jumlah kebutuhan Pos Kesehatan Masyarakat (POSKESDES) dikecamatan Waru yang kemudian diintegrasikan ke dalam webGIS.Secara khusus dilakukannya penelitian ini bertujuan antara lain untuk:
1.     Membangun sistem informasi untuk              mengkomputerisasi sistem yang berjalan pada saat ini
2.     Mempermudah mendokumentasikan sistem informasi             data jumlah    desa, jumlah penduduk kecamatan waru.
3.     Mempermudah pencarian data sesuai informasi yang di           perlukan.
4.     Memberikan informasi yang cepat kepada   pengguna              internet,
5.     Dan Mempermudah pengimputan data.
1.4    Manfaat penelitan
Adapun manfaat penelitian ini diharapkan akan memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang terkait dengan penelitian ini, antara lain :
1.     Bagi peneliti.
Menambah ilmu,dan pengalaman dalam bidang teknik informatika,serta sebagai salah satu syarat untuk meraih gelar sarjana Strata Satu (S-1) di Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan.
2.     Bagi Lembaga /Universitas
Hasil dari penelitian ini kiranya dapat digunakan sebagai tambahan informasi dalam meningkatkan output pendidikan khususnya diperguruan tinggi, Yakni Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan.
3.      Bagi departemen kesehatan kecamatan waru
Informasi Geografis untuk penentuan jumlah kebutuhan pusat kesehatan  masyarakat (POSKESDES) diKecamatan waru ini diharapkan dapat digunakan sebagai sistem informasi tempat Poskesdes dan juga sebagai acuan dalam pembangunan Poskesdes dikecamata waru demi mewujudkan visi. Departemen Kesehatan kecamatan waru yaitu “Terwujudnya Kecamatan waru sehat melalui pelayanan kesehatan yang profesional, bermutu, merata dan terjangkau”.
4.     Bagi Badan Penanganan Pembangunan Daerah         Kecamatan Waru
Sistem Informasi Geografis untuk penentuan jumlah kebutuhan pusat kesehatan masyarakat (POSKESDES) diKecamatan waru ini diharapkan dapat mempermudah pihak Badan Penanganan Pembangunan Daerah Kecamatan waru rencana pembangunan dibidang kesehatan terutama  pembangunan poskesdes disetian desa Kecamatan waru
1.5    Batasan Masalah
Batasan masalah dalam penulisan tugas akhir ini adalah melakukan penghitungan jumlah kebutuhan POSKESDES baru yang tepat khususnya bagian daratan berdasarkan jumlah penduduk yang ada, jumlah penduduk dan letak geografis dengan menggunakan metode forward chainning .
1.6    Metode Penelitian
Metode yang diterapkan oleh penulis adalah:
1.     Penelitian Kepustakaan (Library Research)
        Dalam metode ini penulis mengumpulkan data yang                 berhubungan dengan objek penelitian serta pengetahuan yang         diperoleh selama perkuliahan yang menghasilkan data-data   teoritis dari buku, dan lainnya yang erat kaitannya dengan         lampiran teoritis.
2.     Penelitian Lapangan ( Field Research)                                                                                               
        dalam metode penelitian lapangan ini. Penulis             menggunakan teknik untuk mengumpulkan data,      antara    lain:
a.     Wawancara Langsung (Interview)
yaitu mengadakan wawancara langsung dengan pegawai dan pihak-pihak yang terkait dengan objek pelaksanaan wawancara ini. Sehingga penulis dalam memperoleh data yang di inginkan untuk membantu dalam menyelesaikan tugas akhir ini.
b.     Peninjauan Langsung (Observasi)
Yaitu pengamatan yang di lakukan secara langsung kepada objek yang di teliti dan mencatat data dari dokumen perusahaan.
1.7                Sistematika Penulisan Laporan
Laporan tugas akhir ini dibuat dengan sistem penulisan sebagai berikut:
Bab I Pendahuluan
Berisi tentang latar belakang pemilihan judul penentuan jumlah kebutuhan Pos Kesehatan Des (Poskesdes) Di Kecamatan Waru Dengan Metode forward chainning Berbasiskan WebGIS, maksud dan tujuan,  manfaat penelitian,batasan masalah, metode penelitian dan sistematika penulisan laporan.
Bab  II Teori Dasar
Pada bab ini membahas tentang teori-teori yang menjadi acuan dalam pembuatan analisa dan pemecahan dari permasalahan yang dibahas,sehingga memudahkan penulis dalam menyelesaikan masalah.
Bab III Desain Dan Perancangan Sistem
Pada bab ini menjelaskan mengenai tahapan-tahapan yang dilalui dalam penyelesaian tugas akhir ini, mulai dari perancangan tahapan perancangan, perancangan blok diagram sistem (desain umum sistem),perancangan Data Flow Diagram, perancangan Context Diagram, perancangan Flowchart Diagram.
Bab IV Hasil Dan Pembahasan
Hasil dan pembahasan berisi kebutuhan peralatan, cara instalasi   program,cara pemakaian program yang dijelaskan dalam gambar dan penjelasan proses aplikasi yang terjadi pada sistem.
Bab V Kesimpulan Dan Saran
Berisi tentang kesimpulan yang diambil dari pembahasan program aplikasi sistem informasi geografis ini dan saran untuk pengembangan program aplikasi ini.



untuk melihat selanjutnya silahkan download klik disini........

1 comment for "Contoh Abstrak sikripsi sistem informasi geografis (SIG) penentuan jumlah kebutuhan jumlah poskesehatan Desa (POSKESDES) studi kasus Kecamatan Waru "