Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Segudang Manfaat Buah Anggur Madura atau Jamblang


Buah yang memiliki nama ilmiah Syzigium Cumini ini sangat jarang ditemukan. Kurangnya pembudidayaan tumbuhan tersebut, merupakan salah satu faktor utama terkait dengan kelangkaannya.

Padahal, jamblang memiliki segudang manfaat. Hampir seluruh bagian tumbuhan tersebut telah diketahui kegunaannya. Berdasarkan beberapa penelitian, berikut ini manfaat jamblang:

Bagian kulit kayu bermanfaat untuk mengobati diabetes.





Bagian daunnya memiliki banyak kegunaan, antara lain sebagai antioksidan, anti virus, anti inflamasi (penghilang radang), dan berperan dalam menurunkan kadar gula dalam darah (anti diabetes), mengobati konstipasi, dan menghilangkan alergi.

Bagian buahnya kaya akan kandungan antosianin yang berperan penting sebagai antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas.

Buah jamblang berpotensi sebagai anti kanker.

Zat antosianin yang memberikan warna ungu pada kulit buah jamblang, juga merupakan sumber pewarna alami yang sangat potensial digunakan dalam industri pembuatan makanan.

Selain antosianin, buah jamblang mengandung zat-zat antara lain Vitamin C, Vitamin A, Riboflavin, kolin, asam folat, asam amino.

Buah jamblang juga mengandung aneka zat mineral, antara lain natrium, kalium, kalsium, posfor, zat besi, seng, dan mangan.

Manfaat buah jamblang lainnya, yaitu sebagai penurun kolesterol dan anti diabetes.

Editor: Anwari
Sumber: Inspirasi & Infor Kesehatan

Post a Comment for "Segudang Manfaat Buah Anggur Madura atau Jamblang "