The Power Of Water
Menurut Sa'id bin al-Musayyab, al-Thabariy, dan al-Syafi'iymembolehkannya, beliau istilahkan dengan bahasa"La Ba`sa" yang artinya tidak apa-apa, al-Mazariy Abu Abdillah menganggapnya sebagai perbuatan yang bagus, sementara al-Hasan dan Ibrahim al-Nakha'iymelarang melakukan nusyrah, dan bahkan al-Hasanmenganggapnya sebagai bagian dari sihir. Sedangkan qaul (pendapat) yang shahih yang mendapat dukungan dari mayoritas ulama adalah boleh karena itu merupakan bagian dari pengobatan sebagaimana dijelaskan oleh imam al-Nawawiydalam kitabnya "Syarh Shahih Muslim".
Berangkat dari pengobatan dengan cara membaca mantera atau jampi-jampi, ulama sepakat dengan kebolehannya apabila memenuhi tiga syarat :
1. Mantera yang dibaca hendaknya merupakan Kalam Allah (al-Qur`an) atau asma-asma Allah.
2. Bahasa mantera yang dibaca merupakan bahasa Arab atau bacaan-bacaan lain yang maknanya dapat dimengerti dari selain bahasa Arab.
3. Hendaknya meyakini bahwa sejatinya mantera atau jampi-jampi yang dibaca tidak dapat memberikan pengaruh (fungsi) sama sekali, tapi bahkan itu atas izin dan kekuasaan Allah.
Maka dengan demikian, apabila syarat-syarat tersebut tidak terpenuhi maka jelas tak satupun ada ulama yang membolehkan pengobatan dengan menggunakan kekuatan supranatural. Dan juga dari persyaratan inilah kita dapat memahami bahwa ulama yang melarang melakukan nusyrah hanya jika praktik nusyrah dan atributnya melenceng dari rekomendasi al-Qur`an dan al-Hadits sebagaimana dilansir oleh Ibn Abdi al-Barr. Maha Besar Allah yang telah menganugerahi kita cendikiawan-cendikiawan muslim yang tidak "Gebyah Uyah Podho Asine" dalam menyikapi problematika ummat yang sebenarnya erat kaitannya dengan teolog Islam (tauhid). Terima kasih Allah atas segala rahmat-Mu.
Selanjutnya menanggapi prihal meminum air nusyrah, mayoritas ulama menyatakan ketidakharamannya dan demikian bukan merupakan sesuatu yang dibenci syari'at, karena kalaupun air tersebut merupakan leburan dari ayat-ayat suci ataupun asma-asma agung dan masuk ke lambung, ayat suci dan asma agung tersebut sudah tidak lagi berbentuk tulisan, ia sudah lebur menyatu dengan air, sebagaimana kue yang diukiri ayat-ayat al-Qur`an; maka memakan kue tersebut itu boleh karena ukiran ayat-ayat tersebut hilang sebelum masuk ke lambung sehingga tidak ada kemungkinan ia akan tersentuh najis yang ada di lambung.
Berbeda halnya dengan menelan kertas yang bertuliskan ayat-ayat al-Qur`an, maka demikian haram karena tulisan ayat tersebut tidak hancur sebelum masuk ke lambung dan seampainya di lambung ia akan tersentuh najis yang ada di lambung. Kecuali menurut Ibn Abdissalam yang dalam fatwanya beliau mengharamkan meminum air leburan ayat-ayat suci al-Qur`an dengan alasan bahwa ia akan bertemu dengan najis yang terdapat di lambung.
dalilnya yg bisa kami buat rujukan
الموسوعة الفقهية الكويتية ج 14 ص 19 | الموسوعة الشاملة
و - النشرة : 7 - النشرة في اللغة : كالتعويذ والرقية، يعالج بها المجنون والمريض وحل السحر عن المسحور، وفي الحديث {فلعل طبا أصابه، يعني سحرا، ثم نشره بـ قل أعوذ برب الناس} أي رقاه. والتنشير : الرقية أو كتابة النشرة. وفي الإصطلاح : هي أن يكتب شياء من أسماء الله تعالى أو من القرآن، ثم يغسله بالماء، ثم يمسح به المريض أو يسقاه، أو يكتب قرآن وذكر بإناء لحامل لعسر الولادة، ولمريض يسقيانه ونحو ذلك. إهـ
تفسير القرطبي \ الجامع لأحكام القرآن ج 10 ص 325 | المرجع الأكبر
الرابعة: واختلف العلماء في النَّشرة، وهي أن يكتب شيئا من أسماء الله أو من القرآن ثم يغسله بالماء ثم يسمح به المريض أو يسقيه، فأجازها سعيد بن المسيِّب. قيل له: الرجل يؤخذ عن امرأته أيُحَلّ ويُنْشر؟ قال: لا بأس به، وما ينفع لم ينه عنه. ولم ير مجاهد أن تكتب آيات من القرآن ثم تغسل ثم يسقاه صاحب الفزع. وكانت عائشة تقرأ بالمعوِّذتين في إناء ثم تأمر أن يصب على المريض. وقال المازَرى أبو عبد الله: النُّشرة أمر معروف عند أهل التعزيم؛ وسُمّيت بذلك لأنها تنشر عن صاحبها أى تحُلّ. ومنعها الحسن وإبراهيم النَّخعيّ، قال النَّخعىّ: أخاف أن يصيبه بلاء؛ وكأنه ذهب إلى أنه ما محى به القرآن فهو إلى أن يعقب بلاء أقرب منه إلى أن يفيد شفاء. وقال الحسن: سألت أنَسا فقال: ذكروا عن النبي صلى الله عليه وسلّم أنها من الشيطان. وقد روى أبو داود من حديث جابر ابن عبد الله قال؛ سئل رسول الله صلى الله عليه وسلّم عن النشرة فقال:«هي من عمل الشيطان». قال ابن عبد البر: وهذه آثار لينة ولها وجوه محتملة، وقد قيل: إن هذا محمول على ما إذا كانت خارجة عما في كتاب الله وسنة رسوله عليه السلام، وعن المداواة المعروفة. والنشرة من جنس الطب فهي غسالة شيء له فضل، فهي كوضوء رسول الله صلى الله عليه وسلّم. وقال صلى الله عليه وسلّم:«لا بأس بالرُّقى ما لم يكن فيه شرك ومن استطاع منكم أن ينفع أخاه فليفعل». قلت: قد ذكرنا النص في النشرة مرفوعا وأن ذلك لا يكون إلا من كتاب الله فليعتمد عليه. إهـ
شرح النووي على صحيح مسلم ج 14 ص 140 | المرجع الأكبر
قال القاضي: وجاء في حديث في غير مسلم سئل عن النشرة فأضافها إلى الشيطان، قال: والنشرة معروفة مشهورة عند أهل التعزيم وسميت بذلك لأنها تنشر عن صاحبها أي تخلى عنه، وقال الحسن: هي من السحر، قال القاضي: وهذا محمول على أنها أشياء خارجة عن كتاب الله تعالى وأذكاره وعن المداواة المعروفة التي هي من جنس المباح، وقد اختار بعض المتقدمين هذا فكره حل المعقود عن امرأته. وقد حكى البخاري في صحيحه عن سعيد بن المسيب أنه سئل عن رجل به طب أي ضرب من الجنون أو يؤخذ عن امرأته أيخلى عنه أو ينشر؟ قال لا بأس به إنما يريدون به الصلاح فلم ينه عما ينفع، وممن أجاز النشرة الطبري وهو الصحيح، قال كثيرون أو الأكثرون: يجوز الاسترقاء للصحيح لما يخاف أن يغشاه من المكروهات والهوام ودليله أحاديث ومنها حديث عائشة في صحيح البخاري: «كان النبي صلى الله عليه وسلّم إذا أوى إلى فراشه تفل في كفه ويقرأ قل هو الله أحد والمعوذتين ثم يمسح بها وجهه وما بلغت يده من جسده والله أعلم. إهـ
فتح الباري شرح صحيح البخاري ج 11 ص 352-353 | المرجع الأكبر
وقد أجمع العلماء على جواز الرقى عند اجتماع ثلاثة شروط: أن يكون بكلام الله تعالى أو بأسمائه وصفاته، وباللسان العربي أو بما يعرف معناه من غيره، وأن يعتقد أن الرقية لا تؤثر بذاتها بل بذات الله تعالى. واختلفوا في كونها شرطاً، والراجح أنه لا بد من اعتبار الشروط المذكورة، ففي صحيح مسلم من حديث عوف بن مالك قال: «كنا نرقى في الجاهلية، فقلنا: يارسول الله كيف ترى في ذلك؟ فقال: اعرضوا عليَّ رقامكم، لا بأس بالرقى ما لم يكن فيه شرك» وله من حديث جابر «نهى رسول الله صلى الله عليه وسلّم عن الرقى، فجاء آل عمرو بن حزم فقالوا: يارسول الله إنه كانت عندنا رقية نرقى بها من العقرب، قال: فعرضوا عليه فقال: ما أرى بأساً، من استطاع أن ينفع أخاه فلينفعه» وقد تمسك قوم بهذا العموم فأجازوا كل رقية جربت منفعتها ولو لم يعقل معناها، لكن دل حديث عوف أنه مهما كان من الرقى يؤدي إلى الشرك يمنع، وما لايعقل معناه لا يؤمن أن يؤدي إلى الشرك فيمتنع احتياطاً، والشرط الآخر لا بد منه. -- إلى أن قال -- وقال القرطبي: الرقى ثلاثة أقسام، أحدها ما كان يرقى به في الجاهلية مما لا يعقل معناه فيجب اجتنابه لئلا يكون فيه شرك أو يؤدي إلى الشكر. الثاني: ما كان بكلام الله أو بأسمائه فيجوز، فإن كان مأثوراً فيستحب. الثالث: ما كان بأسماء غير الله من ملك أو صالح أو معظم من المخلوقات كالعرض، قال: فهذا ليس من الواجب اجتنابه ولا من المشروع الذي يتضمن الالتجاء إلى الله والتبرك بأسمائه فيكون تركه أولى، إلا أن يتضمن تعظيم المرقى به فينبغي أن يجتنب كالحلف بغير الله تعالى. قلت: ويأتي بسط ذلك في كتاب الأيمان إن شاء الله تعالى. وقال الربيع: سألت الشافعي عن الرقية فقال: لا بأس أن يرقى بكتاب الله وما يعرف من ذكر الله، قلت: أيرقى أهل الكتاب المسلمين؟ قال: نعم إذا رقوا بما يعرف من كتاب الله وبذكر الله. اهـ
Keterangan:
Dr. Masaru Emoto berhasil membuktikan bahwa air sanggup membawa pesan atau informasi dari apa yang diberikan kepadanya. Bahkan air yang diberi respon positif, termasuk doa, akan menghasilkan bentuk kristal heksagonal yang indah.
Hasil penelitian Dr. Masaru Emoto yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia “The True Power Of Water” [Hikmah Air dalam Olahjiwa], (MQS Publishing, 2006), merupakan pengalaman menakjubkan karena membuktikan bahwa air ternyata “hidup” dan dapat merespon apa yang disampaikan manusia.
Temuan Masaru merupakan hasil kerja kerasnya sebagai wujud kecintaan terhadap ilmu pengetahuan. Ia bahkan melakukan percobaan dengan air di Swiss, Berlin dan Prancis. Temuannya itu kemudian ia bawa ke markas Besar PBB di New York bulan Maret 2005 lalu.
Dr. Masaru Emoto melakukan penelitian selama 2 bulan bersama sahabatnya Kazuya Ishibashi (seorang ahli sains yang mahir menggunakan mikroskop).
Masaru yang menyelesaikan pendidikannya di Yokohama Municipal University Departemen Kemanusiaan dan Sains jurusan Hubungan Internasional berhasil mendapatkan foto kristal air dengan membekukan air pada suhu -25 derajat Celsius dan menggunakan alat foto berkecepatan tinggi. Lalu ditelitilah air dengan menggunakan respon kata-kata, gambar, serta suara. Hasilnya luar biasa, sebagaimana yang sudah dibaca banyak orang. Air, katanya, bisa menerima pesan.
Bahkan dalam bukunya yang lain, “The Hidden Message in Water”, Masaru mengatakan, air seperti pita magnetik atau compact disk.
Oleh: Musleh Adnan

Post a Comment for "The Power Of Water"